APA YANG SAYA BERPIKIR, SAYA RASAKAN DAN SAYA ALAMI SELAMA HIDUP SAYA, SAYA AKAN MUATKAN DALAM MEDIA SOSIAL ATAU BLOG INI.

Bungsu rio Womy

  • This is default featured slide 1 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by NewBloggerThemes.com.

  • This is default featured slide 2 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by NewBloggerThemes.com.

  • This is default featured slide 3 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by NewBloggerThemes.com.

  • This is default featured slide 4 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by NewBloggerThemes.com.

  • This is default featured slide 5 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by NewBloggerThemes.com.

WAWANCARA MENGENAI PAPUA MERDEKA PAK TERI DI TV ONE


Pertanyaan dari Pihak TVOne bahwa Kenapa setiap orang papua ingin Melepaskan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka Pak tery Menjawab Apabila akan tetap menyapu dengan Pemerintah indonesia dan Negara kesatuan republic Indonesia.
pertanyaan dari pihak TV One kenapa harus membendakan dari bangsa Indonesia lainnya atau hanya ras.
jawab dari pak Tery bahwa kalau untuk membendakan diri saya merasa tulus secara iri dalam diri setiap orang papua. Usai teringat satu tulisan dari seorang Pendeta Doktor Isak Somol Hykemen yang menuliskan di dinding batu Hai Tumery Wasior sekarang pada tanggal 25 oktober 1925 di atas batu ini saya meletakkan penanggapan bangsa papua.
sekalipun ada orang yang berpendidikan tinggi dengan hikmat dan berbudi pengertian namun tidak dapat membangun bangsa ini. Bangsa ini akan bangkit membangun dirinya sendiri merupakan satu Nuhbuatan dari ambah Tuhan ini bagi bangsa papua.
Pertanyaan dari Pihak TV One bahwa keadilan seperti apa memang bisah ingin di capai oleh masyarakat papua. Maka Jawab dari pak Tery bahwa Lima pewarna kurang dari dua tahun massa pengembangan NKRI di papua kami tidak pernah melihat bahwa akan wujud dari wujudnya dari pada pembangunan itu bagi rakyat Papua sampai sekarang. Terakhir yang kami lihat sekarang adalah Otonomi Khusus, kamu tutupin otonomi khusus itu merupakan satu konsfirasi politik.
pertanyaan dari pihak TV ONE  bahwa kenapa ketidak puasan bangsa papua,  tidak benar  atau tidak ada pembagunan di papua akhirnya pemerintah tidak serius Masalah Otonomi daerah ini, Namun pak TERY jawab otonomi daerah itu setelah habisnya otonomi daerah di papua setelah masyarakat papua Otorialkan Papua Merdeka.
Share:

HAK PENENTUAN NASIP SENDIRI

1.     Hak atas penentuan nasib sendiri merupakan hak asasi manusia yang fundamental dan tidak terpisahkan dari diri seorang manusia. Hak ini dicantumkan sebagai Pasal pertama oleh masyarakat internasional dalam dua instrumen utama hak asasi manusia (Perjanjian Internasional mengenai Hak-hak Sipil dan Politik dan Perjanjian Internasional mengenai Hak-hak Ekonomi, Sosial dan Budaya), mengingat pentingnya hak ini bagi tatanan internasional dan perlindungan hak-hak individu. Mahkamah Pengadilan Internasional mengakui hak atas penentuan nasib sendiri sebagai hak asasi manusia yang paling penting, dan ”menyangkut semua negara.”
2.    Penentuan nasib sendiri adalah juga fundamental karena merupakan hak kolektif suatu bangsa untuk dapat menjadi diri sendiri. Pewujudan hak in...i adalah hakiki untuk kelangsungan hidup, identitas dan nasib Sebuah Bangsa Papua.
3.    Penentuan nasib sendiri merupakan hak kolektif yang dimiliki oleh “segala bangsa” untuk menentukan nasib politik dan teritorialnya. Hak ini mencakup tiga hal: a) untuk menentukan status politiknya melalui tindakan memilih bebas; b) menjalankan pembangunan ekonomi, sosial dan budaya secara bebas; dan c) untuk memanfaatkan sumber daya dan kekayaan alamnya secara bebas.
4.    Hak atas penentuan nasib sendiri memberikan hak kepada sebuah bangsa/masyarakat untuk mengakhiri situasi Kolonial mereka, dengan menentukan kehendak secara bebas antara kemerdekaan, asosiasi bebas dengan negara yang ada, atau integrasi dengan negara yang ada. Keputusan atas kehendak tersebut haruslah dibuat melalui tindakan ekspresi yang murni dan bebas.
5.    Agar dapat sah dan diterima secara internasional, keputusan mengenai masa depan sebuah masyarakat harus dihasilkan melalui sebuah proses yang terpupuk oleh penerangan, terbuka, adil dan demokratis, bebas dari campur tangan atau ancaman pihak luar, dijalankan secara tidak memihak, dan sebaiknya diawasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.
6.    Karena hak ini adalah milik seluruh bangsa Papua secara bersama dan bukannya kelompok tertentu, penerapan hak ini haruslah representatif. Bangsa Papua juga memiliki hak untuk berjuang atas penentuan nasib sendiri, dan untuk menerima dukungan bagi perjuangan mereka ini.
7.    Negara-negara boleh menanggapi permintaan-permintaan untuk bantuan moral dan material seperti ini. Negara-negara tidak diperkenankan untuk menggunakan kurangnya kesiapan politik, ekonomi, sosial atau pendidikan sebagai alasan untuk membenarkan penundaan suatu kemerdekaan.
8.    Hak masyarakat Papua atas penentuan nasib sendiri juga meliputi hak untuk bebas dari penindasan oleh kekuatan asing, dan hak untuk secara bebas menentukan bagaimana sumber daya alam mereka seharusnya diperlakukan dan digunakan.


Share:

In Pictures: South Africa’s 18 years of ‘freedom’ - In Pictures - Al Jazeera English

In Pictures: South Africa’s 18 years of ‘freedom’ - In Pictures - Al Jazeera English

Di Sount Africas 18 Tahun sudah menentukan nasib sendiri namun kenapakah sebagai bangsa papua sudah melewati 50 Tahun memasuki seratus tahun tapi kami tak bisah menentukan nasibnya sendiri, Maka ku mempertanyakan diriku mengapa sampai hari ke hari, bulan ke bulan, dan Tahun ke tahun NKRI selalu di Siksa di Bunuh dan di Ambil Alamku. Tapi Itu semuanya aku belum tau membacah dan belum tau menulis sampai saat ini tapi itu semuanya kehendak TUHAN YANG MAHA KUASA, Oleh karena itu ya, Tuhan Lihatlah kami ini tidak tau apa-apa tapi itu semuanya sudah di rencanakan maka saya mengucap syukurlah selalu membawah kami sampai saat ini. 
Dan Hari akan datang, bulan akan datang dan tahun akan datang itu sudah saatnya kami orang papua menentukan nasib sendiri yaitu "PAPUA  MERDEKA HARGA MATI"
Share:

LAGU - LAGU FIRMAN

YESUS LOVE ME
KAMI UMATMU YA TUHAN
Kami umat-mu yang Tuhan datang di hadapmu merendahkan dari berdoa mencari wajah-Mu kami umat-Mu ya Tuhan sujud dihadap-Mu dan kami berbalik dari jalan yang jahat
Pulihkan bangsa ini lawatan-Mu negeri kami s’lamatkanlah bangsa kami lawat sekali ini doa kami
Seg’nap hidup ini kami persembahkan diatas Mezbah-Mu hingga kemuliaan penuhi bait-Mu ya Allahku.

SUJUD DI ALATARNYA
Bila hati terasa berat tak seorangpun mengerti bebanku
ku Tanya yesus apa yang harus kubuat Dia, berfirman, mari datanglah Dia s’lalu pedulikan aku. Kudatang Yesus pikul s’gala bebanKu
Sujud di altar-Nya Kubawa hidupku, Ku terima anugrah-Nya Dia ampuniku dan bebaskanku Dia ubah hidupKu, Baharui hatiku  sesuatau terjadi saat datang di Altar-nya.

DENGARKANLAH DOAKU
Tuhan adalah terang dan kes’lamatanku terhadap siapakah aku harus gementar ketika musuhku menyerangku tak takut s,kalipun lawanku menghimpit ku tetap percaya
dengarkanlah doaku ya Allahku dan b’rikan kemenangan untuk selamanya.

 KAU UKIR NAMA MU
  kau telah memilihmu sebelum aku  dilahirkan sejak dari kandungan ibuku
  kau telah menentukan dan menentapkan aku
  Kau ukir namaku ditelempak tangan mu kau buatku berharga di mata-mu tuhan

Aku bersyukur tuhan kepada mu kejadianku dasyat dan ajajib

Ajajib apa yang kau buat jiwa ku menyadarinya 

LAGU FIRMAN 

Share:

Perjalanan

K
u datang dari tanah kelahiran ke perantau ini, lewat gunung ke gunung, pulau ke pulau sampai tibah di pulau jawa ini pada tahun 2007. Pada saat saya tiba di pelabuan tanjuk perak lalu padek Domi wenda milly sama Omy Namoy yoman jemput setelah keluar dari pelabuan kami bertiga naik taxi  langsung turun di depan rumah yaitu kemuning. Lalu sore kami ke kontrakkan dan krukah besoknya saya daftar di Kampus ISTP Malang maka saya telah di terima.
Lalu saya mengikuti study dengan segalah kekurangan tapi saya tidak pernah putus asa tapi apa adanya jalan, oleh karena itu di mana kami berada Tuhan tidak pernah melepaskan kami selalu mendorong dan mengawasih dalam susah maupun senang maka saya mengucapkan terima kasih atas kasih dan kemuraannya sehingga saya dapat selesai.
Share:

CENDRAWASIHKU

CENDRAWASIHKU
    BURUNG CENDRAWASIH adalah burung yang terkenal karena keindahan bulu dan warnanya , burung ini hanya terdapat di daerah papua dan burung ini dulu dikatakan sebagai burung anggota keluarga ( Famili paradisaeidae ) dari ordo passeriformes’ mereka ditemukan di indonesia timur, pulau-pulau selat Tores, Papua Nugini, dan Australia Timur. Burung cendrawasih dikenal karena bulu burung jantan pada banyak jenisnya, terutama bulu yang sangat memanjang dan rumit yang tumbuh dari paruh, sayap atau kepalanya. Ukuran burung Cendrawasih mulai dari Cendrawasih Raja pada 50 gram dan 15 cm hingga Cendrawasih Paruh Sabit Hitam pada 110 cm dan cendrwasih Manukod Jambul Bergulung pada 430 gram.
 
BURUNG CENDRAWASIH  yang paling terkenal adalah Cendrwasih Kuning Besar’ jenis ini dideskripsikan dari spesimen yang di bawah ke Eropa dari Ekspedisi Dagang. Spesimen ini di siapakan oleh pedagang pribumi dengan membuang sayap dan kakinya agar dapat di jadikan hiasan, hal ini tidak dapat di ketahui oleh penjelajah dan dapat menimbulkan kepercayaan bahwa ‘’ burung ini tidak pernah mendarat namun tetap berada di udara karena bulu-bulunya, Inilah asal mula namanya Bird of Paradise ( Burung Surga ) dinamai oleh Orang Inggris dan nama jenis Apoda yang artinya “ Tak Berkaki.
BURUNG CENDRAWASIH banyak yang mempunyai ritual perkawinan yang rumit dengan sistem kawin jenis-jenis paradise yaitu burung-burung jantan berkumpul untuk bersaing memperlihatkan keelokannya pada burung betina agar dapat kawin. Sementara jenis lain seperti jenis Cicinnurus dan Parotia memiliki tari perkawinan yang beraturan. Jumlah telur nya agak kurang pasti yaitu pada jenis besar mungkin hampir selalu satu ( 1 ) telur dan yang jenis kecil menghasilkan 2-3 telur.
Masyarakat di Papua sering memakai bulu Cendrawasih dalam pakaian adat dan adat istiadat mereka, dan beberapa abad yang lalu bulu cendrawasih sangat penting untuk dibuat topi wanita di Eropa, sehingga perburuan untuk mendapat bulu cendrawasaih semakin semarak akhirnya dapat menyebabkan pengrusakan pada habitat dan penurunan jumlah burung pada beberapa jenis menjadi terancam, Pengrusakan atau penebangan hutan sekarangpun dapat merupakan ancaman utama. Sekarang burung –burung ini dilindungi dan perburuannyapun hanya di perbolehkan untuk kebutuhan perayaan dari suku setempat.
BURUNG CENDRAWASIH dapat juga digunakan sebagai Mahkota bagi Putra- Putri Papua untuk menyambut Tamu Negara atau dalam Ritual- ritual tertentu dan dapat di gunakan juga sebagai Pembawa Perdamaian seperti yang termuat dalam cerita tari Balada Cendrawasih.
Tari Balada Cendrawasih mengisahkan tentang terjadinya konflik antara DUA SUKU. Dikisahkan ada sepasang suami dan istri yang sedang pergi kehutan untuk mencari nafkah bagi hidup mereka setiap hari. Sementara sang suami bekerja mengolah tanah dan menanam, tiba-tiba datang orang dari suku lain kehutan dan saat sang suami pulang berburu, ternyata istrinya tidak ada. Lalu dia mencari dan meratap serta memohon bantuan kepada saudara-saudaranya dan merekapun terus mencari bahkan siap apabila ada penyerengan dari pihak lawan.
Perangpun terjadi, pada saat pertempuran sedang berlangsung maka datanglah sekelompok suku perempuan ( suku ini yang ada hanyalah perempuan ) yang akhirnya memberi perdamaian bagi kedua suku tersebut. Sesudah itu pesta perdamaian dilaksanakan dengan penuh semangat dan meriah.
Tari ini mengisahkan tentang masyarakat Waropen Papua dalam Upayanya untuk melestarikan Burung Cendrawasih. Tari ini dikembangkan dengan harapan mengajak masyarakat untuk tetap menjaga dan melestarikan Burung Cendrawasih dari kepunahannyan.
Burung Cendrawasih mempunyai keunggulan yang dapat membuat Pesona Budaya dan dapat menambah daya tarik Wisatawan Asing untuk datang ke indonesia lebih khusus lagi ke Propinsi papua,
Untuk  menjaga kebudayaan orang papua tersebut dengan melestarikan burung cendrawasih dari kepunahannya maka :
  • Pelestarian hutan-hutan di papua perlu di tingkatkan karena hutan merupakan tempat dimana burung – burung cendrawasih ini bisa hidup dan berkembang secara baik
  • Sosialisi tentang pentingnya burung cendrawasih bagi orang papua, dan
  • Membuat perlindungan hukum terhadap burung cendrawasih

Share: