Sejarah panjang perjalanan Microsoft Office hingga saat ini, banyak perubahan danpenambahan fasilitas sejak pertama kali diluncurkan tanggal 30 Agustus 1992. Waktuitu aplikasi perkantoran ini diberi nama Microsoft Office versi 3.0. Pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft Excelsebagai pengolah angka, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai aplikasi presentasiyang handal dan Microsoft Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.
Setelah populer dengan Microsoft Office 3.0, pada tahun 1995-an Microsoft kembalimeluncurkan Microsoft Office 95 bersamaan waktu itu Microsoft meluncurkan sistemoperasi Microsoft Windows 95. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak totalWindows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikandalam sejarah sistem operais PC saat itu.
Sejalan dengan pekembangan sistem operasiMicrosoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan semakin mapan danterus digandrungi serta digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia,termasuk di Indonesia.
Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft Office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoranmodern. Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat iniantara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002) dan Microsoft Office 2003.Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan Microsoft Office 2003masih belum tersentuh oleh pemakainya. Namun sejalan dengan perkembanganteknologi dan sistem operasi yang juga terus berkembang, maka dilu
MICROSOFT WORD 2007
Microsoft Office Word 2007 merupakan sebuah program aplikasi pengolah kata (Word Processor) buatan Microsoft Corporation. MS. Word 2007 merupakan hasil pengembangan dari beberapa versi sebelumnya. MS. Word tampil lebih user friendly dan sudah menggunakan ribbon
sebagai standar baru dalam menampilkan menu-menu tool. Berdasarkan
klaim mereka, ribbon adalah sebuah inovasi yang kelak di masa mendatang
menjadi sebuah standar bagi tampilan menu.
Bagi yang baru bermigrasi dari
Word 2003 ke MS. Word 2007 tidak perlu panik dengan pemandangan yang
begitu asing tersebut. Anda hanya perlu sedikit adaptasi dan setelah
itu, Anda akan merasakan efisiensi dan kemudahan dalam bekerja. Bila
Anda kurang percaya, silahkan buka MS. Word 2007, letakkan pointer mouse
ke area area menu, kemudian putar tombol gulir. Apa yang terjadi? Anda
benar! Anda dapat membuka pintu akes ke setiap ribbon hanya dengan
putaran tombol gulir saja.
Kembali ke masalah menu icon, MS. Word 2007
mengenal istilah tab, ribbon, dan group dalam menyajikan menu tool.
Berbeda dengan Word 2003 dan sebelumnya yang hampir 100% dikuasai Kaum
Bar-Bar (Titlebar, Menu Bar dan Toolbar).
Perbedaan antara Tab, Ribbon dan Group
Tab adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. Tab terdiri dari tab File, Insert, Page Layout, dll.
Ribbon adalah area yang digunakan untuk menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif.
Sedangkan Group
adalah kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi.
Jadi, Ribbon menyediakan tab yang terdiri dari menu, dan menu sendiri
terdiri dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang
memiliki kesamaan fungsi.
Tampilan Jendela MS Word 2007
Office Button
Secara umum, Office Button
terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan. Area kiri berisi
perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send,
Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan file dokumen
yang baru-baru ini dibuka.
Pada bagian bawah flyout ini
terdapat dua tombol perintah, yaitu Word Option (digunakan untuk
melakukan properti terhadap MS Word 2007) dan Exit Word (digunakan untuk
menutup jendela MS Word). Berikut ini adalah contohnya.
Keterangan:
Nama Icon
|
Keterangan
|
New |
digunakan untuk membuat file dokumen kosong baru |
Open |
digunakan untuk membuka file dokumen yang tersimpan |
Save |
perintah untuk menyimpan file dokumen aktif |
Save As |
digunakan untuk menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu |
Print |
digunakan untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif |
Prepare |
digunakan untuk melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif |
Send |
digunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai email / faksimile |
Publish |
perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll |
Close |
digunakan untuk menutup file dokumen aktif |
Mengenal Fungsi Icon pada Tab Home
Tab Home terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan editing.
1.Group Clipboard
Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
* Tombol panah kecil di sudut
kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan
mengenai fungsi suatu Group.
2.Group Font
Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
Font : untuk memilih jenis huruf
Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
Bold : untuk menebalkan teks terpilih
Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih
Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.
3.Group Paragraph
Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang
memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks.
perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
Sort : untuk menyortir data
Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
Center : untuk mengatur teks rata tengah
Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
Line Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks
Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih
Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
4.Group Styles
Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
Heading Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf
5.Group Editing
Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
Replace : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk d
Microsoft Word 2007
sumber: http://laudateomnesgentes.blogspot.com/2012/07/sejarah-pengertian-microsoft-word.html