Sabtu, 10 Agustus 2013

TEORI DASAR KOMPUTER

TEORI DASAR KOMPUTER
PENDAHULUAN
Pengunaan Komputer telah begitu luas dan mencakup di seluruh kehidupan masyarakat dan menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam kegiatan sehari – hari. Namun computer berasal dari bahasa Latin “to Compute” yang berarti alat hitung
Sistem kerja Komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian, dan seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain.


Input
Procces
Output




Gambar 1. Bagian – bagian Komputer
  1. INPUT / PEMASUKAN
Input berfungsi untuk memasukan data atau perintah ke dalam computer. Contohnya input sebagai berikut:
  1. Keyboard
Keyboard atau papan ketik berfungsi untuk memasukkan perintah secara langsungke dalam computer yang berupa karakter, baik angka maupun huruf.
  1. Mouse
Mouse berfungsi untuk membatuh dalam memberikan perintah kepada computer dalam bentuk pointer.
  1. Scanner
Scanner berfungsi untuk memasukan data gambar ke dalam computer dan memiliki prinsip kerjanya yang sama dengan mesin Photo copy. Secara umum Scanner pada saat ini beberapa scanner telah di lengkapi dengan software yang mampu membaca citra digital sebagai text sehingga dapat langsung di edit dalam komputer oleh perangkat lunak pengelolah kata.
  1. Kamera
Seiring dengan perkembangan teknologi, kamera juga telah banyak yang beralih kepada kamera yang memiliki hubungan dengan computer dengan pertimbangan kemudahan dalam pengeditan dan penambahan komponen.

  1. PROCESS / PENGELOLAH
Pada bagian inilah seluruh data yang di berikan oleh input dan diolah selanjudnya diteruskan kepada output. Seluruh unjuk kerja computer amat bergantung pada komponen – komponen pada bagian ini.
  1. Processor
Processor adalah perangkat utama dari computer dan berfungsi untuk mengelola, mengatur mengedalikan semua seluruh peralatan dan aktivitas ada pada system computer itu sendiri.
  1. Motherboard
Motherboard atau Papan ibu adalah papan utama yang menghubungkan seluruh komponen dalam sebuah computer. Motherboard merupakan terminal komunikasi antara seluruh komponen computer berbentuk sebuah papan elektronik.
  1. Memory
Memory yang bersifat permanen dan berfungsi untuk mengatur alur pengiriman data ke processor dan menyimpan data dalam program yang bersifat sementara.
Dan jenis memory ada dua macam yaitu:
  • ROM (read only memory) yaitu memory bias dibaca datanya atau programnya saja.
  • RAM (radom acces memory) yaitu memory yang memiliki kemampuan untuk dirubah data atau program yang tersimpan didalamnya.
  1. Hard Disk
Hard disk memiliki fungsi sebagai penyimpan data yang kapasitasnya jauh lebih besar dan dapat menangani penulisan berulang kali dengan kecepatan yang relative jauh lebih cepat. Harddisk bentuk fisik dan kapasitas penyimpanan data serta kecepatan aksesnya. Dan kapasitas penyimpanan harddisk rata – rata ada adalah 120 MB sampai dengan 120 GB.
  1. Floppy Disk
Perangkat keras berfungsi untuk membaca dan merekam data pada media disket. Dan yang menjadi standart pemakaian adalah disk drive yang menggunakan kapasitas penyimpanan maksimal 1.44 MB.
  1. CDROM
Media penyimpanan semakin hari mengalami kemajuan dengan amat pesat. Pada media penyimpanan ini dibedakan menjadi ada 4 jenis yaitu:
  • CD- R (Compact disk read), pada media ini kapasitas penyimpanan data sampai 700 MB. Dan data sudah disimpan tidak diisi kembali lagi.
  • CD –RW (compat disk read write) bedanya dengan CD-R adalah bahwa pada media ini (CD-RW) dapat dibaca, ditulis diisi dan dan di hapus kembali sampai kurang lebih 3 kali pengapusan data, sedangkan kapasitasnya masih tetap 700 MB.
  • DVD –R (digital video disk read) pada media ini kapasitas yang di berikan minimal 4 GB dan sampai sekarang sebesar 5 GB sesuai dengan namanya. Dan media ini berfungsi sebagai penyimpanan data baik oudio maupun video kapasitas cukup besar.
  • DVD –RW (digital video disk read write) perbedaan dimiliki oleh media ini dibadingkan dengan DVD-R adalah bahwa media ini dapat dibaca, ditulis, diisi dan di hapus kembali kapasitas sama dengan DVD –R.
  1. Casing
Casing tempat untuk melindungi power supply, motherboard, harddisk dan komponen – komponen lainnya.

  1. OUTPUT / PENGELURAN
Output adalah peralatan yang digunakan untuk melihat atau memperoleh hasil pengelolahan hasil atau pengelolahan data perintah yang di lakukan oleh computer.
  1. Monitor
         Monitor merupakan alat output yang paling umum dan berfungsi untuk melihat hasil pengelolahan data  pada layar, baik berupa karakter gambar maupun lain2.
Secara umum monitor terbagi dua macam.
  • Monitor CRT (cathode rays tube) merupakan monitor yang berfungsi dengan prinsip penambakan sinar katoda. Bentuk fisik monitornya lebih besar dan secara umum monitor ini memiliki harga yang cukup murah sehingga tetap merupakan standart dalam unit computer.
  • Monitor LCD (liquid crital display) system kerja monitor ini jauh berbeda dibadingkan dengan RCT. LCD menggunakan cairan krital khusus apabila dilalui oleh sinyal listrik sehingga menhasilkan bentuk dan warna. Kelemahan LCD hanya harga yang cukup mahal dan komponen fisik yang amat baik. Bentuk fisiknya yang lebih kecil.
  1. Printer
Printer berfungsi untuk mencetak output yang di keluarkan oleh process.
  1. Speaker
Fungsi speaker pada perangkat aoudio namun pada pengguna menghubungkan output sound pada perangkat speaker untuk menikmati Video dan music.

KESIMPULAN
Seluruh data input, process dan output akan perintah ke dalam computer unjuk kerja computer dan bergantung pada komponen – komponen pengelolahan data perintah yang di lakukan oleh computer.
Kawan - kawan kritik dan saran di harapkan utk ke depan.
selamat belajar untuk kita semua. 
Pemateri : Irion Wonda
Moderator : Nelson Yoman

0 komentar:

Social Icons

Button Color

image

riowemel1's  album on Photobucket

My Muzix

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international voip calls