Profile

Salam Kenal semua keluarga besar di blog yang ada untuk membangun jaringan mendia elektronik dalam syaring berita - berita yaang tidak sempurna ini akan saya di muatkan dalam blog Wenda Milly News ini.


CURICULUM VITAE

Nama                                                : Irion Wonda
Tempat & Tanggal Lahir                  : Ilu 23 Maret 1986
Agama                                              : Kristen Protestan
Alamat Rumah                                 : Jln.Irian, Honelama Wamena Papua
                                                             Hp. 081333114465 /081330021484
1.      RIWAYAT PENDIDIKAN
Tahun 2000  - Tamat Sekolah Dasar Inpres Gubume Distrik Ilu Kab.Puncak Jaya
Tahun 2003  - Tamat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri 2 Tiom Distrik Tiom Neri
Tahun 2006  - Tamat Sekolah Menengah Umum YPPGI Wamena Distrik Wamena Kota
Tahun 2012  - Lulus Sarjana Teknik Informatika ISTP Malang Di Jawa Timur

2.      ORGANISASI
Tahun 2009 – 2011 Ketua Ikatan Mahasiswa (IPMAPUJA) Papua Surabaya – Malang.

3.      PENGALAMAN KEGIATAN KEGIATAN ORGANISASI MAHASISWA PAPUA DI SURABAYA
Tahun 2009 Bendahara Panitia Natal Mahasiswa Papua di Surabaya
Tahun 2011 Kordinator Seksi Usaha Dana Panitia Natal Se-Jawa & Bali
di Surabaya – Malang.
4.      KARYA TULIS (SKRIPSI)
    Judul   : Perancangan dan pembuatan Komunikasi Serial Handphone dengan        Mikro sebagai Alat Kontrol Jarak Jauh.

Abstrak
Dalam mengkomunikasikan handphone/ponsel dengan mikrokontroler untuk dapat dimanfaatkan sebagai alat pengontrol jarak jauh diperlukan suatu antarmuka yang dapat mensinkronkan kedua device sehingga bisa saling bertukar data. Sistem antarmuka dalam penelitian ini memanfaatkan jalur komunikasi port data ponsel yang terdapat pada bagian bawah ponsel untuk dapat berkomunikasi secara serial dengan mikrokontroler, dalam komunikasi serial ada 2 hal pokok yang harus disesuaikan yaitu: level tegangan dan kecepatan laju data (baud rate), setelah kedua hal ini disesuikan maka kedua device bisa berkomunikasi sehingga alat ini biasa dimanfaatkan sebagai alat pengontrol jarak jauh.
Alat ini dibuat dengan menggunakan pengendali mikro sebagai modul utama, yang akan membaca SMS yang masuk ke ponsel sebagai suatu perintah dalam pengontrolan untuk direalisasikan dikeluaran mikro, serta memerintahkan ponsel untuk mengirimkan SMS balasan status keluaran ke handphone pengirim. Dalam skripsi ini dapat digunakan hampir semua jenis handphone dengan spesifikasi kabel data originalnya yang dihubungkan secara serial dengan alat, sedangkan untuk pengontrol dapat digunakan sembarang handphone dengan fasilitas SMS.
Alat ini sudah diuji dengan menggunakan 8 buah lampu LED dimana setiap lampu mewakili satu buah jalur keluaran sebagai simulasi pengontrolan on/off. Bentuk pengujiannya adalah dengan mencoba mematikan atau menghidupkan kedelapan lampu tersebut, dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa handphone dapat diakses dengan baik oleh mikrokontroler melalui port data serialnya sehingga bisa dimanfaatkan sebagai alat pengontrol jarak jauh.

Kata kunci: LED, SMS dan Mikrokontroler



KATA PENGANTAR

Puji Syukur saya panjatkan  kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang adalah sumber hikmat dan pengetahuan sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan tugas akhir ini denagn judul “Perancangan dan pembuatan komunikasi serial handphone dengan mikro sebagai alat kontrol jarak jauh”.
Penulisan tugas akhir ini merupakan kewajiban yang harus di laksanakan dan di gunakan sebagai salah satu syarat bagi mahasiswa Fakultas Teknik di Institut Sains & Teknologi Palapa Malang, untuk meraih gelar Sarjana Teknologi Industri.
Di dalam penyelesaian tugas akhir ini sudah tentu banyak mendapat bantuan dan pengarahan dari berbagai pihak yang saya tidak mungkin sebutkan satu persatu . Oleh karena itu pada kesempatan ini, saya menyampaikan banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada yang terhormat :
1.                  Bapak Dr.Ir. Fransiskus Senduk, MM selaku ketua yayasan.
2.                   Bapak Rektor Institut Sains & Teknologi palapa malang, Awanto Twui Wibowo, S.Kom, MT yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk menjadi sivitas Akademik Institut Sains & Teknologi Palapa malang (ISTP) sekaligus menjadi dosen bimbingan untuk memberi arahan kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan Tugas akhir ini.
3.                  Dekan Fakultas Teknik Bapak Agus, ST.MM yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk mengikuti perkuliahan di Fakultas Teknik, Institut Sains & Teknologi Palapa Malang.
4.                  Ibu Mardiana Rahayu, ST.MMT.selaku Ketua Jurusan yang tiada hentinya memberi  pengarahan hingga Tugas akhir ini selesai.
5.                  Semua Dosen Teknik Informatika yang telah memberi pengarahan serta dukungan dalam penyelesaian Tugas akhir ini.
6.                  Semua Dosen Fakultas Teknik, yang telah memberi bakal ilmu, khususnya Ilmu Teknik Informatika.
7.                  Ayah Otto Wenda Ibuku tercinta Yulita Yoman Almarum. yang setiap saat setia  mendidik,membina dengan penuh kasih sayang  yang mendalam hingga terselesainya tugas akhir ini.
8.                  Semua pemerintah daerah di Kabupaten Puncak jaya selalu memberikan dukungan moriil maupun material dalam perkuliahan sampai selesai tugas akhir ini.
9.                  Kekasihku tercinta yang nanti mendampingi saya dalam hidup…………………..?
10.              Tante Anita Wenda, Bpk Natan Tabuni serta Bpk Yepanus Wenda, Mama Merina Yoman dan Kak Otius Wenda, Miri wenda Serta Nory wenda selaku motivator yang banyak memberikan dukungan moriil maupun material dan kakak-kakak saya yang selalu bersama saya dari kecil hingga besar dalam suku maupun duka Domi wenda milly, Tiliton wenda almrm, Desina wenda, Obaja wenda, Yorius Yoman, Yaganius Yoman, Elinius Yoman, dan adiku Pairon wenda serta keponakan saya Yesman yoman, Benny Nyoman, Efra, Eva, Demi, Demison,Yufri, Om - omku yang tersayang Yoremi, Yorean yoman, Kalenga Telenggen, yang telah memberikan bantuan moral maupun materiil sehingga saya dapat menyelesaikan study Ilmu Teknik Informatika di Fakultas Teknik Institut Sains & Teknologi Palapa Malang (ISTP).
11.              Sahabat-sahabat  sejatiku Nipen Wenda Lood, Esman Yigibalom serta Lina Yigibalom yang telah merasa pahit manis sampai selesai tugas akhir ini, Adikku Mitasius Wonda, Yason yoman, dan Semua anggota IPMAPUJA Surabaya - Malang yang tidak sebutkan satu per satu yang mana selalu menemaniku baik dalam susah maupun senang dari awal perkuliahan sampai selesainya  bimbingan tugas akhir ini dan atas Doanya.
12.              Semua Kakak-kakak senioritas Surabaya,abangku tercinta Niben Yoman S,Th. MA, Yorius Yoman, S.Sos Yaganius Yoman,SE, dan Uchu Nelly Yoman, S.H dimana selalu membantu saya dalam Memberi Moriil Maupun Material serta keluarga, dan semua yang tidak dapat disebutkan satu per satu.
13.              Semua pihak  yang tidak dapat di sebutkan satu persatu tetapi turut membantu secara langsung maupun tidak langsung.
Semoga kebaikan-kebaikan dan motivasi  yang telah di barikan kepada saya memperoleh balasan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.
Harapan saya semoga tugas akhir ini bermanfaat bagi yang membacanya, terutama Almamaterku tercinta Institut Sains & Teknologi Palapa Malang (ISTP). 

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Pada saat ini pengendalian on atau off  berbagai piranti listrik kebanyakan masih dikendalikan secara manual dengan menekan tombol saklar on atau off. Perkembangan gaya hidup dan dinamika sosial saat ini menunjukkan semakin berpentingnya kepraktisan dan efisiensi menyebabkan kebutuhan untuk mengendalikan berbagai piranti listrik tidak hanya dilakukan secara manual yang mengharuskan kita berada didepan piranti listrik tersebut dan menekan tombol saklar on atau off untuk mengaktifkannya tetapi bisa juga dilakukan dari jarak jauh (remote control).
Teknologi remote control telah banyak dikembangkan dengan memanfaatkan berbagai media transmisi. Beberapa diantaranya adalah remote control dengan memanfaatkan media infra merah, gelombang radio, internet dan saluran telepon. Sistem remote control melalui saluran telepon memiliki keunggulan dalam hal jarak jangkauan dan kepraktisan dibanding media lainnya.
Hadirnya Telepon bergerak (seluler) atau handphone yang telah dikenal dan digunakan banyak orang, yang mampu melakukan komunikasi dimanapun mereka berada tanpa dibatasi oleh ruang dan rentang panjang kabel bisa menjadi solusi bagi kebutuhan pengendalian jarak jauh (remote control) seperti yang telah diuraikan diatas.
Salah satu fungsi handphone yang paling populer ialah untuk mengirim dan menerima SMS. SMS ini sangat cocok digunakan untuk sistem pengontrol wireless real time karena kecepatan pengiriman datanya, efisiensi dan luasnya jangkauan, namun kelebihan handphone dengan fasilitas SMS-nya ini masih perlu dihubungkan ke suatu perangkat kontrol untuk dapat melakukan pengendalian on atau off  piranti listrik dari jarak jauh.
 Saat ini salah satu perangkat kontrol yang cukup praktis dan banyak digunakan adalah mikrokontroler yaitu sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan dapat menyimpan program didalamnya. Kelebihan utama mikrokontroler ialah tersediannya RAM dan peralatan I/O pendukung sehingga memiliki ukuran yang sangat ringkas dan lebih leluasanya untuk dihubungkan dan melakukan pengontrolan  terhadap perangkat lain.

1.2 PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.      Bagaimana cara membuat antarmuka yang bisa mengkomunikasikan handphone dengan mikrokontroler melalui konektor data serial yang terdapat pada tiap jenis handphone ?
2.      Perintah apa yang akan dikirimkan mikro untuk dapat mengakses handphone agar menjalankan fasilitasnya seperti mengirim dan membaca SMS.
Bagaimana caranya agar perintah SMS dari handphone bisa dipahami mikro untuk diproses sehingga dapat mengontrol on atau off suatu perangkat listrik dari jarak jauh?

1.3 BATASAN MASALAH
Adapun spesifikasi alat yang dirancang adalah sebagai berikut:
1.      Komunikasi antara handphone dengan mikrokontroler menggunakan komunikasi serial dengan standar RS232.
2.      Menggunakan pengendali mikro buatan atmel yaitu AT89S51.
3.      Menggunakan perintah AT-Command untuk mengakses handphone melalui port data serialnya.
4.      Kontrol jarak jauh menggunakan handphone melalui jaringan  GSM dengan operator (indosat im3 / telkomsel / excelcom).
5.      Menggunakan handphone jenis Siemens (ME,S,C2x,..3x,..4x,..5x) yang support AT-Command.
6.      Dapat mengontrol on atau off  8 piranti listrik.

1.4 TUJUAN
Skripsi ini bertujuan untuk merancang dan merealisasikan antarmuka antara handphone dengan mikrokontroler untuk dapat melakukan kontrol jarak jauh.
1.5 MANFAAT
Perancangan dan pembuatan alat ini diharapkan dapat bermanfaat dalam memahami komunikasi antara handphone dengan pengendali mikro sebagai sarana pengendali jarak jauh.
1.6 METODE PENELITIAN
Metode yang digunakan dalam penulisan tugas skripsi ini adalah sebagai berikut:
a.  Metode pustaka
Mencari data-data yang berkaitan dengan alat yang akan dibuat, dari literatur buku-buku, jurnal-jurnal, majalah-majalah elektronika dan situs-situs internet untuk mampelajari hal-hal sebagai berikut:
·         Karakterisitik mikrokontroler AT89S51 termasuk cara pemrograman dan  interface-nya .
·         Karakterisitik handphone Siemens termasuk hal yang berkaitan dengan tata cara komunikasi pada konektor data handphone jenis ini.
b.  Metode perencanaan dan pembuatan alat
Untuk membuat alat ini dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Mencoba-coba alat atau rangkaian sesuai dengan data-data yang telah diperoleh sesuai spesifikasi alat yang diinginkan.
2. Melaksanakan perencanaan tiap-tiap blok diagram dari hasil coba-coba yang dianggap rangkaian paling efektif yang kemudian digabungkan sehingga menjadi satu sistem.

c.  Mempersiapkan komponen yang diperlukan
Antara lain sebagai berikut:
·         Handphone Siemens tipe S45 yang support dengan AT-COMMAND dan memiliki modem internal untuk uji coba dengan komputer pada program hyperterminal.
·         Mikrokontroler AT89S51 sebagai pengendali sistem. Komponen ini dipakai karena mudah diperoleh dipasaran dengan harga yang relatif murah, bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan serta mudah pemrogramnya karena mamiliki fitur ISP (In-System Programming).
·         Kabel data Siemens dan komponen IC max232 untuk konverter level tegangan kedua device yaitu handphone dan mikrokontroler ke komunikasi serial standar RS232.
d.  Pembuatan alat
Perakitan tiap-tiap blok dan penggabungan tiap-tiap blok menjadi satu sistem.
e.  Pengujian alat
pengujian alat dilakukan untuk mengetahui apakah sistem yang dibuat telah bekerja dengan baik. Pengujian dilakukan pada tiap-tiap blok, kemudian dilakukan pengujian sistem secara keseluruhan.
f.  Konsultasi  dengan  dosen  pembimbing  serta mencari  sumber  informasi yang berhubungan dengan pembuatan tugas skripsi.
1.7 SISTEMATIKA PENULISAN
Adapun sistematika penulisan tugas skripsi ini adalah :
      BAB I  PENDAHULUAN
Bab ini berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan, manfaat, batasan masalah, serta sistematika penulisan.
            BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini dibahas mengenai teori dasar yang mendukung dalam perencanaan sistem serta penjelasan tentang komponen- komponen yang menunjang perealisasian alat.
            BAB III PERANCANGAN SISTEM
Bab ini membahas tentang realisasi perangkat keras dan diagram alir perangkat lunak.
            BAB IV PENGUJIAN SISTEM
Bab ini membahas tentang cara pengujian dan hasil pengujian sistem yang telah direalisasikan.
            BAB V PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dan saran-saran pengembangan lebih lanjut dari alat tersebut.
 







Social Icons

Button Color

image

riowemel1's  album on Photobucket

My Muzix

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international voip calls