Selasa, 21 Februari 2012

CENDRAWASIHKU

CENDRAWASIHKU
    BURUNG CENDRAWASIH adalah burung yang terkenal karena keindahan bulu dan warnanya , burung ini hanya terdapat di daerah papua dan burung ini dulu dikatakan sebagai burung anggota keluarga ( Famili paradisaeidae ) dari ordo passeriformes’ mereka ditemukan di indonesia timur, pulau-pulau selat Tores, Papua Nugini, dan Australia Timur. Burung cendrawasih dikenal karena bulu burung jantan pada banyak jenisnya, terutama bulu yang sangat memanjang dan rumit yang tumbuh dari paruh, sayap atau kepalanya. Ukuran burung Cendrawasih mulai dari Cendrawasih Raja pada 50 gram dan 15 cm hingga Cendrawasih Paruh Sabit Hitam pada 110 cm dan cendrwasih Manukod Jambul Bergulung pada 430 gram.
 
BURUNG CENDRAWASIH  yang paling terkenal adalah Cendrwasih Kuning Besar’ jenis ini dideskripsikan dari spesimen yang di bawah ke Eropa dari Ekspedisi Dagang. Spesimen ini di siapakan oleh pedagang pribumi dengan membuang sayap dan kakinya agar dapat di jadikan hiasan, hal ini tidak dapat di ketahui oleh penjelajah dan dapat menimbulkan kepercayaan bahwa ‘’ burung ini tidak pernah mendarat namun tetap berada di udara karena bulu-bulunya, Inilah asal mula namanya Bird of Paradise ( Burung Surga ) dinamai oleh Orang Inggris dan nama jenis Apoda yang artinya “ Tak Berkaki.
BURUNG CENDRAWASIH banyak yang mempunyai ritual perkawinan yang rumit dengan sistem kawin jenis-jenis paradise yaitu burung-burung jantan berkumpul untuk bersaing memperlihatkan keelokannya pada burung betina agar dapat kawin. Sementara jenis lain seperti jenis Cicinnurus dan Parotia memiliki tari perkawinan yang beraturan. Jumlah telur nya agak kurang pasti yaitu pada jenis besar mungkin hampir selalu satu ( 1 ) telur dan yang jenis kecil menghasilkan 2-3 telur.
Masyarakat di Papua sering memakai bulu Cendrawasih dalam pakaian adat dan adat istiadat mereka, dan beberapa abad yang lalu bulu cendrawasih sangat penting untuk dibuat topi wanita di Eropa, sehingga perburuan untuk mendapat bulu cendrawasaih semakin semarak akhirnya dapat menyebabkan pengrusakan pada habitat dan penurunan jumlah burung pada beberapa jenis menjadi terancam, Pengrusakan atau penebangan hutan sekarangpun dapat merupakan ancaman utama. Sekarang burung –burung ini dilindungi dan perburuannyapun hanya di perbolehkan untuk kebutuhan perayaan dari suku setempat.
BURUNG CENDRAWASIH dapat juga digunakan sebagai Mahkota bagi Putra- Putri Papua untuk menyambut Tamu Negara atau dalam Ritual- ritual tertentu dan dapat di gunakan juga sebagai Pembawa Perdamaian seperti yang termuat dalam cerita tari Balada Cendrawasih.
Tari Balada Cendrawasih mengisahkan tentang terjadinya konflik antara DUA SUKU. Dikisahkan ada sepasang suami dan istri yang sedang pergi kehutan untuk mencari nafkah bagi hidup mereka setiap hari. Sementara sang suami bekerja mengolah tanah dan menanam, tiba-tiba datang orang dari suku lain kehutan dan saat sang suami pulang berburu, ternyata istrinya tidak ada. Lalu dia mencari dan meratap serta memohon bantuan kepada saudara-saudaranya dan merekapun terus mencari bahkan siap apabila ada penyerengan dari pihak lawan.
Perangpun terjadi, pada saat pertempuran sedang berlangsung maka datanglah sekelompok suku perempuan ( suku ini yang ada hanyalah perempuan ) yang akhirnya memberi perdamaian bagi kedua suku tersebut. Sesudah itu pesta perdamaian dilaksanakan dengan penuh semangat dan meriah.
Tari ini mengisahkan tentang masyarakat Waropen Papua dalam Upayanya untuk melestarikan Burung Cendrawasih. Tari ini dikembangkan dengan harapan mengajak masyarakat untuk tetap menjaga dan melestarikan Burung Cendrawasih dari kepunahannyan.
Burung Cendrawasih mempunyai keunggulan yang dapat membuat Pesona Budaya dan dapat menambah daya tarik Wisatawan Asing untuk datang ke indonesia lebih khusus lagi ke Propinsi papua,
Untuk  menjaga kebudayaan orang papua tersebut dengan melestarikan burung cendrawasih dari kepunahannya maka :
  • Pelestarian hutan-hutan di papua perlu di tingkatkan karena hutan merupakan tempat dimana burung – burung cendrawasih ini bisa hidup dan berkembang secara baik
  • Sosialisi tentang pentingnya burung cendrawasih bagi orang papua, dan
  • Membuat perlindungan hukum terhadap burung cendrawasih

0 komentar:

Social Icons

Button Color

image

riowemel1's  album on Photobucket

My Muzix

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international voip calls